Scroll to top

Target PAD Kabupaten Malteng Rentan Meleset
ilustrasi pajak #
User

Target PAD Kabupaten Malteng Rentan Meleset

Masohi,Gatra.com - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Maluku Tengah tahun 2018, rentan meleset dari yang diproyeksikan sebesar Rp39 Miliar.

"Realisasi sudah mencapai 50 persen. Kontribusi terbesar meliputi hasil kekayaan daerah yang dipisahkan, pendapatan kain-lain yang sah, pajak dan retribusi daerah. Dengan komposisi antara lain, penerimaan pajak daerah Rp 26 milyar, retribusi Rp 19,7 milyar dan lain-lain pendapatan sah Rp 46 milyar," papar Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Ir. Bob Rahmat, di Masohi, Senin (19/11).

Baca Lainnya :

"Berbagai langkah kita lakukan kepada wajib pajak dengan mengedepankan sisi komunikasi, meskipun adanya dinamika regulasi dan lambatnya peraturan daerah," jelasnya. 

Bob optimis target maksimal tahun 2019, setelah peraturan daerah ditetapkan. Saat ini Bapenda Malteng gencar berkoordinasi dengan organisasi pimpinan daerah. 

"Selain Perda, yang perlu adalah penguatan kapasitas lembaga, sumber daya manusia, sarana, aplikasi dan moral hazard pelaku pajak dan wajib sudah disahkan," ujarnya. 

Tentu, meningkatnya kesadaran para wajib, potensi sumber pendapatan, penyesuaian dasar regulasi, serta kerjasama pihak ketiga dalam meningkatkan pendapatan daerah.

TAGS:

Write a Facebook Comment

Leave a Comments