Scroll to top

Host to Host : Koneksi Antar Server Untuk Menunjang Proses Transaksi PBB dan BPHTB Bank Maluku
Zoom meet integrasi PBB-P2 dan BPHTB #
User

Host to Host : Koneksi Antar Server Untuk Menunjang Proses Transaksi PBB dan BPHTB Bank Maluku

Host dapat diterjemahkan ke dalam bahasa secara langsung menjadi tuan rumah. Salah satu tugas seorang tuan rumah dalam sebuah acara adalah untuk menjamu dan memberikan pelayanan para tamu. Pengertian ini juga dapat diaplikasikan dalam dunia teknologi. Host dalam internet hosting adalah tempat menyimpan data atau server yang terhubung dalam jaringan.

Dalam dunia teknologi juga dikenal istilah H2H atau Host to Host. Istilah ini adalah sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung. Berbeda dengan P2H atau Point to Host yang melibatkan banyak host yang terhubung dalam proses komunikasinya.

Baca Lainnya :

Sistem ini digunakan oleh Pemkab Malteng untuk menunjang pembayaran PBB-P2 dan BPHTB.  Dengan menggunakan sistem Host to Hostserver Bapenda dapat langsung terhubung dengan server Bank Mitra yang telah ditunjuk oleh Pemkab Maluku Tengah, Semua data yang masuk dalam server Bank Mitra yakni bank Maluku-Maluku Utara akan terintegrasi secara langsung dengan data yang ada dalam server Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA),   yang telah menjadi mitra Host to Host BAPENDA  adalah BANK DAERAH yakni Bank Maluku Maluku Utara

Saat masyrakat atau biasa disebut WP (wajib pajak) akan melakukan pembayaran PBB-P2 atau BPHTB, WP dapat melakukan pembayaran di Bank Mitra melalui tellerTeller akan langsung masuk ke sistem yang sudah disediakan oleh Bapenda. Data WP yang melakukan pembayaran akan muncul lalu teller dapat melanjutkan proses transaksi. Setelah transaksi selesai, status bayar WP akan berganti dengan otomatis di kedua server.

Dengan menggunakan H2H masyrakat/WP mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Maupun BPHTB. Selain itu,  Pemkab Malteng juga mendapatkan kemudahan untuk melakukan integrasi data baik dengan Bank Mitra maupun integrasi data internal.

Lebih jauh dijelaskan Kepala Badan Pendapatan daerah Ir. Bob Rachmat, M.si, dalam hal pelaksanaan integrasi H2H bersama Bank mitra adalah sesuai amanat dari KEPPRES No 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah. dan Permendagri No. 56 Tahun 2021 tentang Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Tata Cara Implementasi Elektronikfikasi Transaksi Pemerintah Daerah. Zoom meeting yang dilaksanakan di kantor Pusat Bank Maluku Malut di Ambon  bersama kepala divisi PKT HIDAYAT NAHUMARURY  beserta staf dan kepala cabang Bank Maluku  Masohi HANY. R. SALAMPESSY.

TAGS:

Write a Facebook Comment

Leave a Comments